Mengenal Macam-Macam Kopi di Indonesia Selain Arabika dan Robusta

Mengenal Macam-Macam Kopi di Indonesia Selain Arabika dan Robusta

Dalam setiap sajian kopi tidak hanya terdiri dari satu jenis kopi saja. Kadang  menggunakan macam macam kopi yang tersedia dan menjadi andalan bagi kafe shop tersebut. Sehingga, mungkin Anda pernah menemukan sajian kopi khas yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Indonesia sendiri terkenal dengan berbagai varietas kopi lokasinya yang mendunia. Pasalnya, setiap tanaman kopi tersebut, dibudidayakan pada letak geografis tertentu, sehingga memiliki karakteristik yang berbeda.

Macam-Macam Kopi di Indonesia

Mungkin Anda familiar dengan jenis kopi robusta atau arabika, yang memang sering digunakan di berbagai kafe shop. Namun, masih banyak macam-macam kopi yang ditanam di seluruh dunia.

Oleh karena itu, biasanya setiap jenis kopi memiliki karakteristik yang unik. Apalagi jika sudah berbeda geografis. itulah yang membuat keunggulan satu dengan yang lainnya tampak unik.

Kopi Jenis Arabika

Kopi jenis ini merupakan jenis yang umum dan sering digunakan sebagai bahan baku pembuat minuman kopi. Ciri-cirinya bijinya adalah sedikit memanjang dengan body agak pipih dan berukuran besar.

Hasil seduhannya tidak terlalu pekat, sehingga banyak yang mengatakan bahwa rasanya tidak terlalu pahit. Memiliki tingkat keasaman yang tinggi, berbanding terbalik dengan kadar kafeinnya yang tergolong rendah.

Kopi arabika cenderung memiliki aroma dan rasa yang bervariasi tergantung pada daerah budidayanya. Wanginya lebih lembut dan kaya. Terdapat dua varietasnya yang terkenal, yaitu Typica dan Bourbon.

Kopi Jenis Robusta

Kopi jenis ini lebih tahan penyakit dibandingkan dengan arabika. Memiliki cita rasa yang pekat sehingga agak pahit. Kandungan kafeinnya sekitar 2,2 persen yang termasuk tinggi. Cita rasa dan aromanya sangat kuat, mirip dengan kacang, teh hitam serta campuran coklat.

Kopi Jenis Ekselsa

Kopi ini berasal dari daerah Afrika Barat yang kemudian menyebar ke seluruh penjuru dunia.  Di Indonesia, tanaman kopi jenis ini banyak ditemui pada daerah budidaya Jabung Barat, Jambi.

Rasa sajianya cenderung memiliki rasa buah-buahan yang asam, namun lebih kuat dan berat. Jika dicampur dengan jenis lain, rasanya akan semakin mendominasi sajian tersebut. After taste-nya yang pahit tertinggal di lidah pada waktu yang lama.

Kopi Jenis Liberika

Kopi ini tumbuh di daerah Sumatera dan termasuk ke dalam varietas robusta dengan rasa yang unik. Termasuk ke dalam golongan kopi yang memiliki harga yang mahal, karena langka dan kekhasan citarasanya.

Memiliki kadar kafein sekitar 1,12 – 1,26 persen. Aroma yang dihasilkan menyengat dan tajam. Rasanya pahit serta sangat kental, bagi Anda yang menyukai kopi yang sangat kita, sebaiknya jenis ini dijadikan pilihan untuk dinikmati.

Kopi jenis ini memiliki aroma yang berbeda dibandingkan dengan yang lainnya, yaitu adanya sensasi rasa nangka dan sayuran, smoky, kacang-kacangan serta tambahan coklat. Rasa khas inilah yang menyebabkannya memiliki penggemarnya sendiri.

Related Posts