Tekstur Makanan Bayi 10 Bulan, Seperti Apa?

Tekstur Makanan Bayi 10 Bulan, Seperti Apa?

Setelah memasuki usia 6 bulan, si kecil akan mulai mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Nah, seiring dengan bertambahnya usia, maka MPASI yang diberikan pun semakin beragam dengan tekstur yang berbeda pula. Oleh karenanya, mengetahui tekstur makanan bayi 10 bulan menjadi hal yang penting, terutama bagi ibu.

Ya, tekstur MPASI berkaitan dengan upaya mengenalkan makanan pada si kecil. Dengan tekstur yang berbeda-beda tersebut, tentu si kecil nantinya bisa belajar mengunyah dengan baik.

Lantas, bagaimana tekstur yang tepat untuk MPASI bayi yang berusia 10 bulan tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Gambaran Tekstur MPASI Bayi 10 Bulan

Bayi yang berusia 10 bulan sebenarnya sudah mulai memiliki kemampuan mengunyah. Oleh karenanya, dalam hal ini, ia sudah mulai bisa mengonsumsi makanan dengan tekstur yang semakin kasar.

Jika Anda sebelumnya memberikan si kecil nasi tim, maka mulai usia 10 bulan, Anda bisa meningkatkannya menjadi nasi lembek. Tidak hanya perihal tekstur makanan bayi 10 bulan saja, pada usia ini Anda sebaiknya sudah memberikannya menu makanan yang lengkap yang terdiri dari nasi, lauk dan juga sayuran di dalam piringnya.

Jumlah porsi yang disarankan adalah sekitar 200 hingga 240 ml per pemberian. Tentu saja, memberikan MPASI dengan porsi yang sesuai menjadi penting agar bayi tidak bermasalah dengan pencernaan mereka.

Tips Memberikan MPASI Pada Bayi

Ada beberapa tips yang cukup mendasar namun penting terkait pemberian MPASI pada bayi. Ya, dengan mengetahui tips tersebut Anda bisa menghindari kesalahan dan masalah terutama pada kesehatan bayi.

Adapun beberapa tips yang dimaksud terkait memberikan MPASI pada bayi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tepat waktu

Tips pertama adalah tepat waktu. Maksud dari tips ini adalah Anda memberikan MPASI pada bayi yang sudah benar-benar siap untuk mendapatkannya. Usia 6 bulan adalah usia yang menjadi patokan secara umum.

Selain itu, maksud dari tepat waktu adalah Anda mengontrol waktu pemberian MPASI tersebut, terutama ketika bayi berusia 10 bulan. Pasalnya, sistem pencernaan bayi akan bekerja dan memerlukan jeda waktu yang cukup. Jangan memberikan MPASI dalam waktu yang berdekatan atau terlalu berjauhan satu sama lainnya.

  • Perhatikan nutrisi

Nutrisi menjadi hal yang paling dicari dari setiap menu MPASI yang diberikan pada si kecil. Dalam hal ini, Anda harus memastikan jika MPASI yang Anda berikan berisi nutrisi yang lengkap untuk si kecil.

Ada baiknya jika Anda mencari tahu apa saja bahan makanan yang sangat disarankan untuk membuat MPASI tersebut. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi bayi akan terpenuhi dengan maksimal dari MPASI yang diberikan tersebut.

Nah, demikian beberapa hal terkait tekstur makanan bayi 10 bulan yang perlu Anda ketahui secara saksama. Semoga bermanfaat.

Related Posts